Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada taqwa. Dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan (QS. 5:8)

Capaian ISO 9001-2015

Pengadilan Militer III-15/Kupang telah meraih penghargaan sebagai satuan yang memperoleh ISO 9001-2015, pada tanggal 10 Desember 2018 dari UKAS MANAGEMENT SYSTEM.  

  • Yakni atas prestasi sebagai Satuan Kerja (Satker) yang telah menggunakan standar untuk menunjukkan kemampuan secara konsisten dalam menyediakan produk jasa dan layanan yang memenuhi keinginan prajurit dan masyarakat pencari keadilan, dan memenuhi persyaratan sebagaimana ketentuan dalam peraturan.  
  • ISO 9001 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan organisasi / Satker untuk sistem manajemen mutu (SMM).
  • ISO 9001 pertama kali diterbitkan pada tahun 1987 ole International Organization for Standardization (ISO), sebuah lembaga internasional yang terdiri dari badan standar nasional dari lebih dari 160 negara. Angka 2015 berarti versi saat ini dari ISO 9001, yang dirilis pada September 2015.
  • Dari semua jenis dan ukuran suatu organisasi/Satker mengungkapkan bahwa dengan telah diperolehnya predikat penyandang ISO 9001, maka membantu mereka dalam:
  1. Meningkatkan kualitas produk dan jasa pelayanan.
  2. Meningkatkan efisiensi produktivitas kerja
  3. Meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja.
  • ISO 9001 didasarkan pada metodologi Plan-do-check-Action dan memberikan pendekatan berorientasi proses untuk mendokumentasi kan dan meninjau struktur, tanggung jawab, dan prosedur yang diperlukan untuk mencapai manajemen mutu yang efektif dalam suatu organisasi/Satker.
  • Bagian tertentu dari standar berisi informasi tentang topik-topik seperti:                  
  1. Persyaratan untuk sistem manajemen mutu, termasuk dokumentasi dari manual mutu,
  2. Pengendalian dokumen,
  3. Penentuan interaksi proses,
  4. Tanggung jawab manajemen,
  5. Pengelolaan sumber daya, termasuk sumber daya manusia dan lingkungan kerja organisasi,
  6. Realisasi produk, termasuk langkah-langkah yang didesain dalam tahapan SOP, dan
  7. Pengukuran, analisis, dan perbaikan sistem manajemen mutu melalui kegiatan seperti audit internal dan tindakan perbaikan dan pencegahan.
  • ISO 9001 membantu organisasi dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan secara konsisten agar mereka menerima produk dan layanan berkualitas tinggi, dan memberikan banyak manfaat, yaitu pelanggan yang puas, manajemen, dan karyawan.
  • Sebagai wujud rasa syukur atas perjuangan memperoleh nya, Pengadilan Militer III-15 / Kupang, mengabadikan logo dan lambang ISO 9001 : 2015 di kopstuk surat satuan yang diletakkan di pokok kanan atas berdampingan dengan logo satuan yang berada di sebelah kirinya.

 

 

 


Berita Terbaru Lainnya :